ANALISIS
RESIKO USAHA BAKSO BAKAR
Analisis resiko dalam menjalankan usaha bakso bakar yaitu: analisis aspek keuangan, aspek potensi pasar,aspek bahan produk,aspek pelanggan,aspek pesaing,aspek
bahan baku,aspek pemasaran.
1. Aspek keuangan
Analisis Aspek keuangan yaitu modal, karena modal adalah kunci keberhasilan dari sebuah usaha. Sebagai pelaku usaha,modal
harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Modal yang ada harusnya sesuai dengan potensi pasar dan konsumen, keuntungan yang diperoleh,pengembalian pinjaman uang,serta penggunaan modal sendiri.Untuk bisa mengurangi terjadinya resiko keuangan dapat kita lakukan dengan pengelolaan uang dengan baik.
Resiko usaha pada aspek keuangan adalah adanya biaya produksi yang berlebihan, pinjaman uang yang berlebihan dan
pengelolaan keuangan yang baik.
2. Aspek potensi pasar
Analisis dari aspek potensi pasar yaitu dengan harga produk yang ditawarkan antar sesame pelaku usaha,adanya kegiatan untuk inovasi produk,Kita bisa melakukan riset dan analisis lanjut untuk menyiapkan strategi selanjutnya. Yaitu
dengan meningkatkan teknik pemasaran, memilih produk yang tepat untuk dijual, menemukan potensi pasar yang bias menguntungkan, serta menentukan perilaku pelanggan.
3. Aspek bahan produk
Analisis aspek produk bias melakukan evaluasi pemasok produk bakso,memeriksa proses produksi,
memberikan informasi yang membantu para konsumen dalam menikmati keuntungan produk yang ditawarkan, serta memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan,adanya daya saing dengan penjual yang lain.
4. Aspek pelanggan
Analisis aspek pelanggan yaitu melakukan protes atas produk yang diberikan, respon mengenai produk yang akan dibeli, atau pun minat
pelanggan atas produk yang ditawarkan.yang harus untuk dilakukan menindak lanjuti keluhan yang pernah terlontar dari pelanggan sebagai bahan evaluasi.
5. Aspek pesaing
Bisa dilakukan dengan memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan, sesuai antara harga yang diinginkan konsumen dengan harga yang diberikan, serta pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.dan juga mengetahu istrategi pemasaran yang tepat,
memberikan pelayanan yang tidak biasa dan tidakd iberikan oleh pesaing yang lain.
6. Aspek bahan baku/ bahan produksi
Analisis aspek bahan baku/bahan produksi
yaitu tersedianya bahan baku secara terus menerus,kemudahan dalam mengolah
bahan baku,bahan bakunya tahan lama atau tidak,bahan bakunya mudah atau tidak
mudah didapat.
7. Aspek pemasaran
Analisis aspek pemasaran yaitu: strategi
bersaing,kegiatan pemasaran,segmentasi pasar,kegagalan dalam penggembangan
produk,harga,promosi yang kurang efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar